3 hari yang menegangkan

Kali ini mama mau cerita tentang kegiatan mama 20-22 juni 2008 kemarin. Yup 3 hari ini mama ada pelatihan ATLS. Rangkaian acaranya dimulai dari jam 07.00 teng! Ga boleh telat sedetikpun. Kalo mpe berani telat, langsung dianggap ga lulus!

Hari I, bis registrasi, kita langsung dapat course overview dari dr. Gatot W (Malang) selama 15 menit. Bis kuliah selesai, tiba2 aja pintu ruangan terbuka dan masuklah pasien kecelakaan. Salut deh ma make up artist nya. Bis luka di kepala ma kakinya bener2 spt nyata. Darahnya bener2 bikin ngeri. Salah satu temenku disuruh maju, n mriksa primary surveynya. Tapi ya mungkin karena kaget n blm siap, akhirnya pasien dinyatakan tak tertolong. Buat kita2 yang nonton sih cuman cengar-cengir aja. Bener2 adegan yang menghibur deh..

Kuliah berikutnya initial assesment and management oleh dr. Sunoko (Yogya). Lumayan juga untuk merefresh pengetahuan kita ttg penanganan primary survey. Palagi bis tu dilanjutkan tentang initial assesment demonstration oleh dr. Gatot n dr. Sunoko. Bener2 jadi jelaslah langkah2 apa yang harus kita lakukan dalam menangani pasien trauma. Setidaknya dalam teori kita dah jelas. Don’t know nanti di realitanya.

Akhirnya jam yang ditunggu2 tibalah. Yup break 15 menit. Lumayan lah buat nyari pengganjal perut sebelum kuliah ttg Airway n ventilatory management oleh dr. Sudjito (Solo) diberikan. Materi berikutnya tentang Shock oleh dr. Ari Adrianto (Semarang) dan Thoracic Trauma oleh dr. Kunsemedi (Semarang) selama masing2 40 menit. Puyeng, letih, ngantuk, laper jadi satu. Sabar…sabar…

Tet tot… akhirnya ISHOMA alias istirahat, sholat, makan selama lebih kurang 1,5 jam. Lumayan lah buat meregangkan otot dan pikiran yang dah mblunded.

Bis istirahat n makan kok bawaanya malah ngantuk ya? Padahal kuliah Abdominal trauma oleh dr. Mulyono ( Semarang) dah menanti. AYO SEMANGAT!!! Kuliah kelar, video skill animal telah menanti. Kita diperlihatkan tentang cara2 melakukan surgical skill pada kambing antara lain vena seksi, neddle thorakosentesis, insersi chest tube, perikardiosentesis, DPL, krikotiroidotomi dan surgical krikotiroidotomi.

Break 15 menit….
Mulailah kita dibagi menjadi 2 kelompok besar. Kelompok A-D acaranya surgical skill pada kambing dilanjutkan pretest group discussion . Sedangkan kelompok E-H practical skill session yang meliputi airway & ventilatory management, X-ray identification of thoracic injuries dan shock ass & management.

Jam sudah menunjukkan pukul 18.30 wib. Pengen cepet pulang, ketemu zefa ku tersayang. Tapi ternyata kita ga boleh pulang dulu. Masih ada course dinner *ha… kursus makan malam??* dah ga bisa mikir sama sekali. Ternyata kita wajib ikut makan malam di sana. Ya ampyuuunn….

Mpe rumah jam 19.30. Tepar? of course lah.. Tapi demi zefa tersayang, temenin main bentar sambil melepas kangen. Ga belajar deh malam ini.

Pagi tibalah….

Dimulai dengan Head trauma oleh dr. Hanis (Solo). Rasanya kepalaku yg kena trauma hingga rasanya otakku ga berada pada tempatnya. Kosong mlompong Padahal kuliah2 berikutnya dah pada rapi jali ngantri di belakangnya.
Dr. Hanis selesai, dr. Amru (Solo) dengan semangat 45 nya menyambung dengan materi Spine trauma. No question. Giliran dr. Mulyono (semarang) dengan Musculoskeletal trauma nya. Baru 3 materi aja, aku dah puyeng n ga napsu.

Di saat semangatku mulai turun, Secondary survey demonstration sedikit memulihkan semangatku. Ditambah aku diminta maju untuk mendemonstrasikan cara log roll untuk memeriksa bagian tubuh belakang pasien. Hilang deh ngantuk ku. Tapi ya ampun.. berat banget sih bapak ini? mpe ngos2an aku
Break & move to skills station.
Skill station kali ini meliputi head & neck trauma ass & management, X-ray identification of spinal injuries, spinal cord injury ass & management serta muskuloskeletal trauma ass & management.

ISHOMA 40 menit…

Kuliah Injuries due to Burns and cold oleh dr. S. Budi Yuwono (Solo) dah menanti. Dilanjutkan Trauma in the extremes of age, yg pediatric trauma oleh dr. Kristianto Yuli Yarsa (Solo) sedang trauma in the elderly oleh dr. Trisula Utomo (yogya). Sebagai penutup kuliah hari ini adalah Transfer to definitive care yg disampaikan oleh dr. Gatot Waluyo (Malang)

Huff capek… Tapi hari ini belum berakhir.

Habis break kita move to surgical & practical session.

Giliran kelompok kami untuk melakukan surgical skills pada kambing. Aku dapat jatah nglakuin vena seksi, neddle thorakosentesis, insersi chest tube ma DPL. Lumayan… Bis tu diskusi pretest. Sedang yg A-D melakukan practical session.

No course dinner lagi. Lansung cabut pulang coz besok ujian.
Sesampainya di rumah, mandi, sholat, ngelonin zefa biar bisa belajar. Tapi apa mau dikata. Mata tuh kayaknya dah kena lem se ember. Lengket banget. Pasrah aja deh….
Hari ke-3. Datanglah saat penentuan lulus tidaknya…
Tapi sebelum ujian, kita masih dapat pelajaran tentang triage scenarios. Di sini kita harus bisa menentukan mana pasien yang harus ditanganin lebih dulu dalam suatu bencana.
Break 30 menit..
Bis tu kelompok A-D ujian tulis lebih dulu. Sedangkan E-H latihan inital assesment.
Setelah masing2 kelompok selesai, giliran klp E-H ujian tulis, A-D latihan. 40 soal, dlm bhs inggris harus kita selesein dalam waktu 1 jam. Kelar ujian tulis, Kita di suruh makan dulu. Guess what menu kita hari ini? Oh no… sate kambing ma tengkleng! Jangan2 kambing yg dah di udel2 ma kita kemarin itu?! Tapi ya mo apa dikata. Daripada mubadzir n rugi juga kalo ga dimaem? Sikat….!!!! &

Kelar maem, kita semua diisolasi dalam 1 ruangan. Kemudian satu persatu dipanggil untuk ujian initial assessment. Aku dapat giliran pertama dari grup H. Selesai ujian praktek, masih deg2an nunggu hasilnya terutama hasil ujian tulis. Coz di bawah 80, kita masih harus mengulang.
Setelah sekian lama menunggu, akhirnya diumumkan bahwa semua lulus ujian praktek. Tapi…. dari 36 peserta, yang lulus ujian tulis hanya ada 1 orang!

What?!
Tapi kita masih dapat kesempatan untuk mengulang ujian saat itu juga. Karena masih banyak yg ngulang, kitapun cuek aja…
Selesai ujian, break bentar, ngopi2 bentar.
Masuk kelas lagi.
Dag dig dug nunggu pengunguman hasil ujian….
Jreng…. akhirnya kita semua dinyatakan lulus….!!!!
Alhamdulillah… akhirnya kita semua pulang dengan membawa sertifikat, bukti bahwa kita telah mempunyai kompetensi untuk melakukan ATLS DIMANAPUN! Di lebih dari 44 negara!
Usai sudah 3 hari yang melelahkan, menegangkan sekaligus menyenangkan ini..

~ oleh Zakiah pada Juni 23, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: