Tumbuh kembang ku

Ini diary perkembangan zefa dari bulan ke bulan

Usia 1 bulan

  • melihat
  • menoleh ke samping
  • senyum pertama kali
  • pertama kali mengucapkan suara
  • tertawa dengan bersuara
  • dapat mendengar suara dan musik
  • BB/TB : 3,9kg/51cm

Usia 2 bulan

  • mengangkat kepala
  • tangan bisa menggenggam benda
  • memasukkan tangan atau benda ke mulut
  • senang main di depan ngaca (narsis)
  • BB/TB : 5kg/58cm

Usia 3 bulan

  • miring ke kiri/kanan
  • tengkurep
  • terlentang dari tengkurep (kadang)
  • tertawa ngakak
  • jerit2 (jagonya)
  • BB/TB : 5,8kg/60cm

Usia 4 bulan

  • main air ludah (jorse ya..)
  • niup2
  • mengerti dipuji atau dimarahi
  • tertarik permainan ciluk ba (meskipun blm bisa tapi dah ketawa)
  • BB/TB : 6,9kg/61cm

Usia 5 bulan

  • memindah barang dari tangan satu ke tangan lain
  • mau mengubah suaranya dari tinggi ke rendah
  • kalau lihat orang maem, ikutan ngunyah2
  • BB/TB : 6,9kg/63cm

Usia 6 bulan

  • bisa duduk dengan bantuan
  • mencoba makan sendiri
  • mengucapkan kata-kata yang lebih jelas spt da-da-da atau ge-ge-ge
  • BB/TB : 6,9kg/65cm

Usia 7 bulan

  • pegang botol sendiri
  • posisi merangkak tapi blm bisa mindahin kaki
  • bisa membedakan keluarga dengan orang asing
  • telah tahu rasa takut
  • berdiri dengan bantuan
  • BB/TB : 6,9kg/67cm

Usia 8 bulan

  • kosa kata zefa bertambah : ta-ta, ba-ba, mah, pa-pa, nggeh
  • duduk dari tengkurap
  • merayap
  • sukanya main bibir (brr..brr..)
  • tepuk tangan
  • berjalan dengan di bantu (titah)
  • BB/TB : 7,5kg/69cm

Usia 9 bulan

  • paham perintah
  • melambaikan tangan
  • cari perhatian dengan menarik2 baju kita
  • mengerti bila diajak bicara
  • BB/TB :
  • 7,8kg/71cm

Usia 10 bulan

  • merangkak meski baru 3 langkah
  • main kejar2an
  • BB/TB : 7,9kg/ 71cm

Usia 11 bulan

  • mengulangi perkataan
  • bisa niruin gerakan topi saya bundar
  • semakin jelas ngomong pa-pa
  • niruin gerakan orang nelpon sambil bilang o…o..
  • naik tangga sampai lantai atas dg merangkak
  • dah bisa sisiran meski asal
  • senang banget renang
  • bisa dzikiran
  • BB/TB : 8kg/72cm

Usia 12 bulan

  • niruin gerakan takbir cuman pas sedekap tangan kiri masih di atas tangan kanan
  • niruin gerakan sujud tapi kepala menghadap ke samping
  • berani jalan dg pegangan tangan satu
  • tumbuh gigi pertama, gigi seri kiri bawah (telat banget ya..)
  • dah bisa salaman
  • dah berani main boneka gede n pegang blender
  • bisa nyanyi tek dung-tek dung nya burung kakak tua
  • BB/TB : 8,2 kg/72cm

Di lihat dari perkembangannya, zefa termasuk anak yang pesat. Tapi kalo di lihat dari pertumbuhannya terutama berat badannya, zefa dah di garis kuning. Sebenarnya maemnya zefa ga susah2 amat sih, cuman mungkin karena ada alergi itu mama jadi agak hati2 dalam memilih menu bagi zefa. Moga badai cepat berlalu ya nak…

~ oleh Zakiah pada Juni 2, 2008.

Satu Tanggapan to “Tumbuh kembang ku”

  1. Ma.. Ada yg kurang diary-nya tuh.. Umur 10 bln zefa agak takut ma papa, soalnya agak lama gk ketemu, tiap mo disun ma digendong papa zefa nangis… Hik jadi sedih.. Tp skarang zefa dah gk takut lg ya..alhmdulillah..skrang tiap sblum bobo zefa selalu ngajak main papa..oh iya yg bikin bangga zefa tuh observator ulung.. Zefa cepat skali blajar dr yg diliat atu didengar aah jd smangat deh buat jadiin zefa ilmuwan muslim yg bisa jadi cahaya buat agama dan keluarga.. Ayo ma kita brusaha bsama buat zefa yaa..smoga Alloh meridloi..papa dan mama syg zefa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: