Antara tahu,tempe dan daging

Akhirnya mama putusin juga konsultasi gizi buat zefa. Awalnya bingung juga mo milih Sp.GK, analis gizi ato ke Sp.A sub gizi. Setelah melalui perundingan linggarjati ma mama dini akhirnya di putuskan kita ke Sp.A aja. Langkah berikutnya milih RS yang ada Sp.A sub gizinya. Setelah nelpon hampir semua RS di Soloraya ini dan dengan pertimbangan masih pagi n dokternya PNS, kita putusin ke RSDM tercinta *gubrak*. Sesampainya di sana kita daftar (no problem, lancar2 aja) bis tu kita di suruh nunggu dokternya. semenit, 2 menit, sejam, satu setengah jam, 2 jam… ga ada tanda2 kehadiran sang dokter. MasyaAllah… apa gini pelayanan RS pemerintah yang notabene RS rujukan? Padahal juga kita milihnya poli paviliun yang bayarannya sama ma RS swasta. Tapi kok respone time nya bener2 payah! sabar2… demi zefa harus sabar…. Untung aja anaknya dah tepar. Jadi mama agak tenang juga. Setelah hampir 3 jam muncullah sang dokter tercinta. Dan setelah nunggu 1 pasien, giliran anak Aqila di panggil. Mama ditemeni mama dini, eyang ma bang silmi nunggu di luar. Setelah mama jelasin duduk persoalannya, zefa di periksa. Saat mo nidurin zefa, dokternya tanya “mamanya yang mana ya?” *hiat* ni dokter gimana sih? mang yang gedong, yang ngomong ngasih tau masalah anaknya sapa? masak ga ada kemiripan sama sekali? sabar…sabar… Trs dokter nanya bis maem apa? mama jawab dg mantap “maem tempe dok!” pikir mama kalo nabati resiko jd alerginya kecil. Ternyata… kacang2n tuh no 2 setelah susu sapi yang harus dihindari dulu buat anak yang alergi Kesimpulannya untuk kasus zefa yang alerginya udah termanifest, buat susu sapi kalo mau di kasih, pakai yang proteinnya benar2 terhidrolisa semua. Ga boleh pakai yang susu formula HA. coz percuma aja. Karena kalo HA kan cuman sebagian protein yang terhidrolisa sdg sebagian lagi masih bisa nimbulin alergi. Tapi untuk susu jenis yg terhidrolisa semua (Pregestimil) rasanya pahit. Alternatif kedua susu kedelai yang mengandung isolat (Isomil, nutrisoya, nursoy). Ga boleh susu kedelai buatan sendiri. Untuk proteinnya, karena kacang2an (kacang ijo, kedelai termasuk di dalamnya tahu tempe) ga boleh, maka gantinya daging sapi, ayam ( kalo bisa ayam kampung) n hati. Untuk telur, tunggu umur 1 th buat kuningnya.

Karena mama masih menyusui maka diet ini barlaku juga buat mama. OK Fa… mari kita berjuang!! Kita pasti bisa!!! InsyaAllah…..

~ oleh Zakiah pada Mei 10, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: