The journey of zefa’s birth

Rabu 2 mei 2007 mama kok pengin ikutan senam hamil ya? Bis slama 9 bln ini mama ga pernah ikutan senam hamil sama skali. Paling senam2 sndiri di rumah. Instrukturnya ya pa lagi kalo ga dari majalah.. Mana mama dini sukanya ngompor2in mama lagi. “Kamu itu katanya pengin nglahirin normal. Kok ga pernah ikutan senam sih??” gitu kt mama dini. Di pikir2 iya juga sih.. Yo dg semangat abad 21 berangkatlah mama ke PKU dianterin eyang bt senam. Di sana umur kehamilan mama tuwir sendiri lho.. yg lain msh berkisar 7-8 bln. Hanya mama yg 9 bln lebih. Tinggal menunggu 12 hari aja bt nyeprotin zefa. Tapi cuex aja ah… Di sana mama ga pny temen. Maklum anak baru. Jadinya kalo ada yg ngobrol mama ikut2an nimbrung. Pede bgt ya mama. Tapi sbodo namanya juga nyari temen. Tu wa tu wa akhirnya mama ngrasain juga ikutan senam. Tapi ternyata selama ini ga beda lho ma senamnya mama di rumah. Bangga juga gerakan mama ga ada yang salah. Hebat kan mama *bangga sendiri* Senangnya lagi pulangnya di kasih jus smangka. Wuih… segernya… Sayangnya ga boleh nambah *maruk amat ya..* Pulang di jemput eyang dg hati gembira coz ngrasa paling pinter ( bnyk tanya n gerakan ga da yg salah).tenggorokan seger coz jus smangka meskipun perut msh keroncongan n tambah temen. Di jln bnyk cerita ini itu ke eyang. Besok sabtu ikutan senam lagi aahh…. Siangnya mama ngrasa aneh ma payudara kanan mama. Rasanya “ngrangkaki”. Tapi mama cuekin aja. Malamnya kok tambah sakit ya? Mama coba kompres air anget plus di masage plus di keluarin dikit kolostrumnya. Tapi kok tetep sakit??? Hmmm.. buat tidur ah.. sapa tau ntar sembuh sendiri kaya yg dulu. Karena ga bisa bobo telentang, mama bobonya miring. Pertama miring kanan dulu bisa lesss tapi lama kelamaan kok ga enak ya. Ganti miring kiri. Tetep sakit. Lho kok perut mama agak mules juga ya?? Ah paling mules biasa. Coba ganti posisi lagi ah… Lho kok jadi payudara plus perut ga enak gini??

Malam itu jam nunjukkin pk 11 an. Wuahh masih lama paginya.. Mama mulai ga tenang bobonya. Coba2 ganti posisi terus nyari yg enak. Tapi paling hanya bertahan 10 menit dah ngrasain sakit lagi. Jam nunjukin pk 2 dini hari. Eyang turun bt ngliat sepak bola. Nah ada temen begadang tuh batin mama. Mama coba keluar kamar ikutan nivi sambil duduk2an sekaligus mencari simpati dari eyang. Aduh.. kok masih sakit? Malah perut mama smakin sakit deh kayaknya. Sampai2 mama ngrintih. Eyang liat mama tapi trs cuex lagi. Waks.. hiks hiks hiks di cuekin deh mama. Sebel, mama masuk kamar. Tapi ga bisa bobo. Akhirnya duduk2n di kursi kamar. Agak ketiduran juga sambil duduk gitu. Tapi cuman sebentar. Jam 4 datanglah. Bentar lagi subuhan dengan harapan pagi datang, sakit hilang. Bis sholat subuh kok sakit perutnya jadi makin sering?? Telpon papa ah..

Mama : Pa, perutku kok sakit ya?

Papa: ( dg tenang) udah tanya ke papi?

Mama : udah. Tapi papinya nyuruh di lihat dulu

Papa: Ya udah. Sabar dulu ya..

Klik…

Hati masih ga tenang. Telpon mama dini

Mama : mbak, perutku kok sakit ya? Tapi cuman bawah aja terasanya. Tapi dah sering.

Mama Dini : dah keluar lendir darah belum?

Mama : belum

Mama Dini : ya udah di observasi dulu. Ntar kalo jam ½ 8 masih sakit, minta papi di anterin ke rs.

Mama dah agak hopless. Pengin cepet2 nglahirin biar sakitnya ilang. Kepikir deh buat secar aja. Nelp papa lagi dengan harapan papa menawarkaan diri utk plg tanpa diminta. Tapi ternyata papa kurang tanggap juga. Pake tanya dulu harus pulang pa engga. Marah deh mama. Bis rasanya kok mama sendiri yg hrs mikul penderitaan ini. Eyang juga adem2 aja rasanya. Akhirnya buat narik simpati eyang, mama tanya ke eyang ni kontraksi bukan?

Mama : ini udah sering banget. Tapi kok rasanya cuman di bawah ya?

Mama : (sambil mringis nahan sakit) Pi, gmn ini??

Eyang : kamu harus bisa bedain antara kontraksi asli ma palsu!

Mama : iya tahu. Tapi ini cmn sakitnya cuman di bawah. Kalo asli dari atas perut nyebar ke bawah simetris kanan kiri.

Eyang : ( nelpon budhe muna, tanya beda asli ma palsu) berarti itu palsu!

Mama : ( nangis ga tahan ma sakitnya) hiks..hiks.. kalo palsu sakitnya aja begini gmn yg asli??

Eyang : Ya udah di banyakin dzikir aja. Emang gini rasanya orang mau nglahirin, dan bla bla

Mama : (dah mulai frustasi) huwaaaa… udah tak dzikirin. Papi sih ga ngrasain sakitnya!!

Akhirnya eyang nelpon mama dini buat dateng. Mama dah ngringkuk miring aja posisinya. Tapi mama masih sempet mandi, pipis n BAB.

Jam ½ 9 pagi mama Dini dateng n nglihat kondisi mama. Ternyata emang itu dah his asli. Sms deh ke Dr. Soffin. N lgs deh disuruh msk rs. Dan ternyata mama dah keluar lendir darah.

Jam 9 : berangkat dari rumah dianter mama dini n papa al

Jam ½ 10 : diperiksa, dah pembukaan 4

Jam ½ 11 : di ILA, beberapa menit kemudian hilanglah segala sakit dan bergantilah dg senyum di bibir.

Jam 11 : pembukaan 6-7, dan maem dg lahap *kemaruk asli*

Jam 12 : di induksi ½

Jam 1 : pembukaan lengkap, dan mulai terasa sakit lagi

Jam 1.30 siang : disuruh ngedan

Jam 1.45 siang : setelah 2x ngedan, lahirlah putriku yang cantik dengan berat 2,7 kg dan pjg 48 cm. Alhamdulillah…. Hilanglah sgala sakit dan bergantilah dg senyum kebahagiaan.

Jam 4 sore :papa datang dg wajah bingung. Zefa di liatin papa terus. Di foto juga. Bis takut ketuker ma bayi lain katanya.. Hehe ada2 aja papamu. Dan nama yg indah pun telah disiapkan untukmu. AQILA ZEFANYA ARIEFMAN. Harapan mama papa supaya engkau bisa jadi anak yg cerdas dan mulia akhlaknya. Segala kebaikan dan ridho Allah smoga slalu bersamamu. Amin… Inilah perjalananmu Nak ke dunia ini. Maka dari itu pandai2lah bersyukur, berterima kasihlah kpd Allah karena di mudahkan semuanya. Berbaktilah kpd ke2 ortumu dan juga berterima kasih dan hormatilah eyang, mama Dini, n papa Al, karena mereka semua turut membantumu untuk lahir ke dunia ini. Mama, Papa, dan semuanya sayang Zefa…

~ oleh Zakiah pada Mei 4, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: