Tes seleksi PPDS I Pulmonologi & Kedokteran Respirasi

Hufh… akhirnya selesai sudah 2 minggu yang mendebarkan. Oke kali ini aku pengen bagi2 informasi tentang PPDS di UNS. Mulai dari apa aja yang harus dipersiapkan buat daftar sampai kisi2 ujiannya. But berhubung aku minatnya di pulmonolgi jadi soal2nya ya about pulmonolgi ya…

Pertama yang harus dipersiapin buat kelengkapan pendaftaran:

1. Permohonan ke Dekan FK. UNS

2. Formulir pendaftaran PPDS ( bisa dibeli ke bagian pendidikan FK UNS seharga RP. 150.000)

3. Ijazah dokter, legalisir

4. Ijazah Sarjana, legalisir

5. Transkrip Dokter n sarjana, legalisir

6. Surat Keterangan selesai PTT (bagi yang sudah)

7. Surat keterangan IDI (rekomendasi IDI)

8. Surat Keterangan Sehat (dari dokter pemerintah)

9. ATLS & ACLS (ga wqajib, tapi bisa nambah poin)

10. Surat Keterangan Depkes ( bagi PNS Depkes)

11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( minta pengantar dulu ke pak RT, trs ke kelurahan, trs ke kecamatan. trs ke polsek bayar Rp. 10.000, foto 4×6 2 lembar ma fotocopi KTP)

12. Sertifikat2

13. STR

Setelah semua lengkap, balikin formulir tersebut ke bag. pendidikan FK UNS sekalian bayar Rp. 750.000 sebagai biaya seleksi.

Masuk ke tahap ujian…

Waktu ujian di UNS ini lama banget. 2 minggu..!! Padahal center lain seperti UI, airlangga cuman beberapa hari aja. Minggu pertama, jadwal ujiannya wawancara ke pimpinan RS, wawancara ke pimpinan fakultas, EAP test dan terakhir psikotes.

Pertanyaan pas wawancara rata2 sama aja. Apa motivasi anda memilih bagian ini?  jika jawabannya  karena suka, kita diminta untuk membuktikan. Buktikan juga bahwa kamu lebih pantas diterima dibagian tersebut daripada yang lain. Pertanyaan yang lain adalah apa aja yang sudah kita persiapkan.  untuk sekolah ini, dsb…

EAP (English Academic Purpose) test. Tes ini kayak TOEFL tapi tanpa listening. Menurutku lebih mudah sih… soalnya kebanyak tentag reading. Structure cuman seupil..

Psikotest.. hmm.. pusing… palagi sesi terakhir. Aku ga tau nama test nya apa. Yang jelas disitu ada 556 soal (kalo ga salah ingat) yang harus dijawab.  Sebenarnya cuman disuruh milih pernyataan mana yang  mencerminkan dirimu. Tapi kok ya lama2 puyeng juga ya… Selain itu ada warteg tes (itu lho 8 kotak yang ada gambar sedikit trs kita disuruh menyempurnakan) gambarnya). IQ test. Kraepelin test (disuruh nambah 2 angka dari bawah ke atas, di waktuin, trs kalo disuruh pindah, kita pindah ke kolom sampingnya) simpel, tapi  lama2 eror juga. Tes ini sebenarnya buat menguji daya tahan kerja kita. So ga perlu sok2an nyelesaiin 1 kolom full. Yang penting stabil aja tinggi nya ma kolom disebelah2 nya. Tapi juga jangan terlalu pendek ya… Benar2 hari yang melelahkan..

Jadwal berikutnya adalah ujian di bagian masing2. Untuk Paru, ujian dimulai hari kamis untuk tes tulis (60 soal multiple choice dan 10 soal essai), Jumat tes jurnal (translet dari inggris ke indonesia dan dari indonesia ke inggris) dan terakhir hari sabtu tes wawancara/lisan (ada 4 penguji, salah satunya dari UI).

Ufh… akhirnya tinggal berdoa, minta yang terbaik dari Allah. Aku mah pasrah aja, secara dari semua peserta PPDS paru, aku yang termuda, masih ijo istilahnya. Diterima Alhamdulillah…., engga, mungkin ada ganti yang lebih baik lagi.

Oh ya ni ada sedikit bocoran soal essai kemarin:

1. Faktor resiko eksaserbasi asma

2. Apa itu pelangi asma

3. Faktor yang berperan pada kanker paru

4. Beda Asma & PPOK

5. Jelaskan gejala TB paru

6. Penyulit TB paru

7. Efek samping INH

8. Prinsip melakukan direct smear preparat dari sputum untuk pemeriksaan BTA

9. BTA basil tahan asam intraseluler, apa maksudnya

10. Pengertian MDR-TB & XDR-TB

Sedang tes wawancaranya

# dr. Wiwin (UI) -> Apa yang kita jawa, dikejar terus. Hati2 dalam menjawab

1. Kasus apa yang kau dalami (disini aku jawab PPOK)

2. Pengertian PPOK

3. Beda dengan ASMA

4. Beralih ke TB-> apa yang dimaksud MDR

5 Regimen untuk MDR apa

6. Golongan2 antibiotika

dst…. pusing deh…. suer… bis jawaban kita diputer2 ma bapaknya :(

# dr. Eddy (UNS)-> pertanyyan kita baca langsung dari komputer dan langsung kita jawab

1. Kegawatan paru apa aja

2. Jika ketemu pasien dg hemoptisis massif apa yang kita lakukan dan penyakit diluar paru yang bisa menyebabkan hemoptisis

3. Perbedaan tenggelam di air tawar dan air laut

4. Dari pemeriksaan fisik, apa beda efusi pleura kanan dengan atelektase

5. Klasifikasi asma akut berat

6. Gejala TB paru

7. Jika ketemu pasien dengan TB apa yang kamu lakukan? Regimennya gimana? Obat diberikan perhari ato ada yang lain? Kan ada tuh yang seminggu 3x, nah kenapa gitu?

8. Mengapa bisa terjadi MDR

9. Pembuatan preparat TB, pewarnannya pakai apa

10. lupa….

# Prof. Suradi (UNS)

1. DOTS apa

2. Kenapa angka kesakitan TB masih tinggi

lainnya lupa…. :p

# dr. Reviono (UNS)-> pertanyaan tergatung kita menguasai yang mana

1. Definisi PPOK

2. Beda PPOK dg Asma

3. Bagaimana untuk mengetahui obstruksi tersebut reversibel ato irreversibel

4. Bagaimana melakukan uji bronkodilator

enough…

Ok deh… sekian review aku tentang tes PPDS paru di UNS. Moga bermanfaat bagi semua.. n moga aku keterima… AMIIN….

~ oleh Zakiah pada November 15, 2008.

74 Tanggapan to “Tes seleksi PPDS I Pulmonologi & Kedokteran Respirasi”

  1. Smoga luck.
    Soalnya saya pengen bangat tuh bagian paru

  2. terimakasih pada temen sejawat yg telah memberiku info sedikit ini. saya do`akan TS diterima dan dapat menjalankan tugas dg baik. dan jangan lupa minta do`a restu kedua orang tua dan mertu.

  3. thanks atas infonya,ada batasan umur utk ppds pulmo?

  4. batasan umur 35th. sama ma bagian lain.

  5. Salam kenal. Aku juga minat ppds paru uns nih. Oya, kemarin yang ikut seleksi ada berapa peserta ya mbak utk paru?

    • @ fulla salam kenal juga… :) kemarin yg ikut PPDS paru UNS ada 15 orang (2 org mengundurkan diri).. Katanya kemarin yg terbanyak. Sebelumnya ada 11 orang. Sebelumnya lagi ga nyampe 10 orang. Ayo masuk aja biar bisa kenal beneran and ketemu. :)

  6. salam kenal, ketemu juga ni informasi tentang ppds paru uns, saya minat bgt ni pgn masuk ppds paru uns. Mengenai biayanya brp ya ?

    • salam kenal juga.. untuk biaya hanya fakultas yg minta BPI sbsr 30 jt. Sedang bagian tidak minta sama sekali. SPP 3 jt/smt. Oh ya karena ada program doble degree maka SPP ditambah 2,5 jt/smt (kalo ga salah ingat cuman untuk 2 smt aja). Ayo mas, masuk saja..:)

  7. Mbak,pelangi asma apa sih ? Aku dah cari kemana mana tapi ngga ketemu jawabnya. makasih sebelumnya..

  8. Ada kok dibuku PDPI ttg asma. Intinya suatu alat bantu yg bisa di pakai oleh pasien untuk mengetahui adanya serangan asma dan cara mengatasinya. Dimana terdiri dari daerah hijau, kuning dan merah. Untuk lebih jelasnya ada di buku PDPI ya… ^^

  9. makasih mbak atas infonya…doain aq jd juniormu mbak

  10. Salam kenal.Mbak,saya pengen ambil tes PPDS BEDAH UNS.Mbak punya info gak?Makasih sebelumnya.

  11. mhn bimbingan untuk wawacanra apa yang perlu disiapkan

  12. punya gak temen yang kemarin tes obgsgyn , mksh jk ada emailnya

    • untuk wawancara di RS dan fakultas, pertanyaan hampir sama yaitu motivasi ngambil bagian itu apa dan bukti bahwa suka bagian itu apa., Kemarin ada teman ku yg ketrima obsgyn, but i loss contact with him.. sorry..

  13. salam kenal mb.. ak pgen masuk ppds paru uns, tp ak dari unej…ada prioritas alumni ga mb klo di uns?? bisa minta lamt mb, mgkn da waktu ke solo ak maen…mau tanya2,thx b4

    • hm.. kayaknya di semua center, untuk almameter ada poinnya deh.. cuman poinnya paling berapa.. Masih bisa di cover dg yg lain.. so.. jgn pesimis duluan ya..^_^

  14. Asslkm. Mbak..aq minat pulmo n aq dlm wkt dkt ini rncna bkn prposal tubel pemda. Tlg donk info trbaru bt biaya2 :1.biaya formulir.2.biaya pndaftaran.3.smbangan/spp.4.biaya tes kesehatan.5.biaya tes bagian.6.biaya tes lainnya(kalo ada). Aq perlu banget info nya Mbak.Thanx before for the attnsion n answerng. Wassalm. Rinto.

  15. asslm…mbak..salam kenal, aku andy dari medan , kemaren ikut tes ppds paru di unair dari program TUBEL, alhamdulillah keterima… tapi gak seberat kayak yang mbak jalani, aku juga gak pintar2 amat kok,.. tapi kami harus nubggu, krn dpt waiting list, dan ada magang juga 6 bulan sebelum MKDU….terima kasih dah ngasi tau soal2nya biar jadi referensi buat aku untuk belajar lagi…terima kasih..wassalam

    • wa’alaikumsalam.. iya disini ribetnya harus pake acara kulonuwun ke rs dan fak. Kalo tesnya menurutku ga berat2 juga kok (pa mang akunya ya yg nyantai ae.. soalnya melihat peserta PPDS yg lain jadi berubah niat cukup jadi penggembira aja) Di UNS sendiri khusus paru ada waiting listnya juga. Mang paru UNAIR juga ya? kirain cuman yg 4 bsr aja.. :) Oh ya selamat ya… kapan2 bisa dong kita tukar2an ilmu.. :)

  16. Wa’alaikumsalam.. barusan aku tanya in temanku yg baru kemarin seleksi. Dia BK juga. Katanya ubtuk form nya gratis dari depkes. Biaya seleksi fak. rp.750 rb. Bagian FRp. 400 rb. Untuk tes kesehatan, waktu aku ga ada sih.. Untuk sumbangan, ga ada juga kayaknya (waktu aku, untuk sekarang blm dapat info, nunggu ntar tgl 22 jun) Spp juga kalo ga ada kenaikan 3 jt/smt. Tapi di smt awal (lupa brp smt) ada spp tambahan untuk program magister Rp 2,5 jt/smt. Btw dr. Rinto dari mana ya?

  17. Thanx ya Mbak infonya. Aq dr lampung. Skrg lg kerja sbg cpns di puskesmas sini.Ntar kalo kpn2 aq minta tlg info2 yg lain ttg ppds paru blh kan Mbak? Thanx ya Mbak.. Wasslm.

  18. asslmulaikum..salam sejawat..salam kenal bu.tlg dong info apa biaya tes bagian yg 400rb sdh mencakup tes eap n psikotest?apa2 aja yg dites pd tes bagian?apa ada practice test nya or cuman teori aja?trims.

    • Wa’alaikum salam.. Rp. 400 rb itu untuk tes dibagian aja. Sedangkan 750 rb tu untuk biaya seleksi tmsk EAP, psikotes dan wawancara fak dan RS. Untuk tes bagian meliputi 3 macam tes yaitu tes tertulis (waktu aku ada essaynya, kalo yg kemari 100 soal MC semua), tes lisan (waktu aku teori aja sih), ma jurnal (translete jurnal ke indo dan ke inggris).

  19. trims bu..moga sukses sll…wsslm…

  20. ass..slm knal mbak..blh nanya ya..? utk jlh peserta depkes n reguler sewaktu mbak tes kmarn brp org ya?n yg tes bln mei 2009 brp?dibatasin ya mbak jlhnya?dimana sih aku bisa dapetin buku pdpi?domisiliku di bnjarmasin,susah nyari buku disini..mksh..wass..

    • wa’alaikumsalam.. untuk jumlah pas aku ujian, brp yg mandiri n brp yg BK, aku malah ga ngerti. Kalo yg barusan seleksi, ada 28 peserta, yang 4 mandiri sedang yang lainnya BK semua. Untuk peserta seleksinya sih kayaknya ga dibatasin ya.. tapi yg lolos (proporsi dari mandiri n BK) nya yg mungkin dibatasi. Untuk ketentuan ini, aku ga tau brp n brp nya.. (tergantung keputusan dari bagian) Untuk buku, aku nyarinya juga di fotocopy2 dekat kampus sih.. Dah nyoba cari dekat UNLAM? (ada fak. kedokterannya kan?) ato pinjam teman sejawat di BP4 (disana ada kan?). Btw banjarmasinnya dimana? Keluarga besarku juga dari bjm lho.. :) hehe.. Demikian, moga membantu.. wassalam..

  21. trms mbak bt infonya.sy di kab.balangan,jaraknya sih kl 5jam.asal sy dr jogja,so msh bingung2 jalan di bnjarmsn.ntar sy nyariin bukunya di jogja aja deh.ok deh mbak.i wnna say thnk u once more.wsslm.

  22. ass..mb rencanaku blan depan tgl 17-19 juli ak ikut acra yg disunan hotel solo. Mb ikut ga?? ak pengen kenal sekalian tanya2…btw gmn ak hub mb?? thx b4

    • wa’alaikum salam.. insyaAllah aku juga ikutan. Ikut workshop juga pa cuman simpo? kalo ikutan workshop, peluang ketemunya lebih gede coz orangnya kan dikit.. kalo iya cari aja wanita berjilbab, berkacamata yg perutnya lagi buncit.. (kalo peserta yg lain six pence semua lho ya..) pasti ketemu dah.. ^_^

  23. Alhmd akhirnya,he…iya mb aku ikut workshop juga, pede aj ak,he…
    oke mb c u..

  24. mbak, kalo mo ikut PPDS yang Tubel daftarnya ke Depkes dulu baru UNS or sebaliknya or barengan?trus tesnya sendiri2 pa barengan Depkes ma UNS? Biaya yg dari Depkes turunnya kapan?thx

    • untuk tubel, aku juga ga gitu ngerti prosedurnya. Tapi yg aku baca2 di internet, tubel bisa untuk yg sudah diterima ppds maupun yg blm. kalo yg blm ketrima ppds, ya daftar dulu di depkes. Kalo untuk ujiannya, tubel maupun swadana tesnya bareng semua. Untuk kapan biaya keluar, aku juga ga tau. Tapi denger2 emang kita harus bayarin dulu. Sorry ga banyak membantu…

  25. thangs buanyak infonya,sy juga mo ikut jejak adik,tp terpaksa nunggu pns 2 th dlu.was

  26. saya mau jual formulir ppds uns, masih kosong, tanpa adda tulisan sama sekali, hanya 100.000 saja ( harga resmi 150.000 ) karena saya sudah diterima di ppds fk ui. saya ada di surabaya, pendaftaran ppds fk uns akhir september 2009 – buruan aja !

  27. Mau minta tolong nih,ada gak contoh surat permohonan utk dekan uns??soalnya aku baru nih mau daftarnya,,makasih yahh,,

  28. ga salah deh kalo berminat ppds paru uns n ikut seneng kalo diterima. aku alumnus UNS, jd sedikit banyak pernah ngalami belajar di sana. Dosen paru-nya baik2, apalagi yg namanya dr. Yusup SS, pokoknya baik2, tu-nya jg baik, perawat bangsalnya juga, pasien2nya juga meskipun dibandingkan fakultas yg lain masih tergolong baru tapi kan yg penting proses belajarnya bisa dinikmati

    • he’eh karena suasana belajar yg kondusif itulah saya memilih bidang ini. Btw mbak angkatan berapa?

      • oh ya kemarin ada yg tanya contoh surat permohonan ke dekan (maaf comment nya ke hapus). Formatnya sih seperti bikin surat lamaran gitu.
        Tempat, tgl….
        Kepada Yth
        dekan fak….
        di…
        Dg hormat,
        Bersama ini saya,
        identitas peserta (nama, ttl, lulusan, alamat, Hp/telp). Mengajukan permohonan untuk mengikuti PPDS I program studi …….. univ ….. untuk periode….
        Sbg kelengkapan surat lamaran ini, saya sertakan 1 berkas lampiran yg terdiri dari:
        1.
        2.
        3.
        dst…
        (syarat2 berkas )
        Demikianlah surat lamaran ini saya ajukan……(dst..)

        Hormat saya,
        …..

  29. Ass…lam kenal zakiah…aq yesi’ 98…btw,selamat yah dah masuk pulmo uns and 4 yur baby also…aq tau blog ini dari mba lulu yg lg residen paru d uns,kmrn main2 k ruang jaganya…setau mereka km masuk yg januari 09 ini loh….hehe,mgkn lom baca blog km kali yah….tx bngt info ujiannya,sangat membantu mengurangi kegelisahan dan kegundah gulanaan seorang manusia yg lg stress mau ujian ppds….huahahaha…oh ya,ada yg mau q tanya,(1)bout biaya ujian Rp.400 rb itu kapan dibayarinnya?? (2) Trus yg menentukan kt di waitting list itu atas kebijakan siapa???,,,,tx bngt yahhhh

    • wa’alaikumsalam.. makasih dah singgah ke blog ku ya mbak yesi.. maaf baru balas. Biaya 400 rb tu di bayar saat ujian bagian mbak. Ntar di kasih tau kok ma bagian yg nangani PPDS (mas Waluyo). Trs soal waiting list, mungkin kebijakan bagian yg menentukan. tapi siapa2nya, aku kurang ngerti. Yg jelas KPS nya ikut andil.. hehe.. btw udah ikut seleksi blm ya mbak?

  30. ass..salam kenal dok..saya minat ppds pulmo,boleh tukar pikiran ga dok?klo boleh saya minta email dokter..makasih byk y dok..sukses selalu…

  31. Makasi infonya ya mbak,aku rencana mau coba THT UNS,aku jadi ada sedikit gambaran ttg tesnya.matur nuwun

    • untuk THT, seleksinya sama ya. Yg beda seleksi di bagian masing2. nah untuk yg di bagian aku ga tau.. Kuota THT selama ini yg saya tahu 2 orang. Yg seleksi nov’09 kemarin pesertanya 2 orang dan dua2nya diterima semua. Cuman akhirnya yg satu mengundurkan diri. Jadi tinggal 1 aja. Berdoa aja pas ntar ikut pesertanya cuman 2. Hehe jadi kan otomatis kejaring.. :)

  32. Ass. Barakallah mba Alhamd nemu jg yg ksh bocoran pulmo uns, ak mau nany kseluruhan biaya pertama msk mba sama semesteran selain yg 3 jt. trus buat test bhs inggris cuma terjemahin aj ap sama wawancara? trus yg dterima berapa orang? insy mau test mei 2010. mohon bantuanny mba….. mksh byk

    • wa’alaikumsalam.. untuk spp PPDS naik jadi 3,5 jt/smt. Untuk biaya pertama saat daftar ulang, bayar BPI 30 jt n 3,5 jt spp. Trs untuk pradiknya 600 rb. Untuk program double degree nya spp s2 3 jt/smt (lgs di bayar untuk 3 smt) plus BPI 1 jt. Tapi bayaran s2 nya setelah pradik selesai kok. Untuk sumbangan bagian juga ada. Tapi masing2 periode mungkin berbeda. Pokoknya yg pertama hrs dibayar yg 30 jt+3,5 jt+ daftra pradiknya. Untuk tes bagian cuman translet jurnal ke inggris dan ke indo. Wawancara pke english ga ada sih. Tapi trgt juga ma yg ngetes. Kemarin pas periode ku ada teman yg ditanyain bisa english, dia nyanggupin. Ya udah pke deh english.. Untuk periode nov 2009 kemarin, yg tes ada 10. Yg diterima 4 org untuk jan’10, 1 org untuk jan’11. Gud luck ya…

  33. Saya mau jual formulir pendaftran PPDS FK UNS Solo
    Saya sudah diterima di PPDS FK UGM
    hanya Rp 75 ribu gratis formulir pendaftaran PPDS FK DIponegoro Semarang
    telepon 081332867750
    atau email duiter@yahoo.com
    Saya ada di surabaya – so if you buy this, you save money ( travelling from surabaya/ malang to solo, cheaper item, and no accomodation, no transport from and to UNS Campus from terminal )

  34. assalamu’alaikum..alhamdulillah akhirnya dpt info pparu uns..mksh infonya mba,sy dpt almt webnya mba r kaka kelas sy mba husnia auliya dr semarang.
    kl blh nanya kira2 kans ditrima untk periode mei ’10 gmn y mb/kt mba nia yg dftr period ini lbh dr 40 org,bnr gt y mb?
    jazakillah.

    • wa’alaikumslm.. Iya kmrn husna tny2 ma aku. Untuk periode ini, dngr2 sih dah ada 44 peserta. Klo mnrtku mending dftr periode berikutnya sj. Tp klo mau dftr skrg jg, ya ga pa2 sih.. Toh semua atas kehendak Allah kan.. Yg ptg ikhtiar dan doa.

  35. selamat sore mbak…. bagus banget blognya, ringan dan informatif.
    Apa bener mbak, mei 2010 ini pendaftar paru uns sudah ada 44 orang, wah ampuh tenan,… banyak banget, kayak umptn…..
    itu reguler dan BK mbak?
    biasanya berapa mbak yang ndaftar per periode?
    masak segitu banyaknya…..

  36. sekarang dah masuk semester brapa ya ?? he.he.he

  37. makasih mba atas infonya mebantu bgt, waktu jaman mba yg daftar brp org yg keterimabrp mba? :)
    oh y mba,ut uang sumbangan harus dibayar cash didepan atau?

  38. Met malem mbak…
    pas banget lagi cari2 info tentang ppds pulmo uns eehhh baca blog mba. Jadi agak2 gimanneeee gitu hehe alias rada ngeper dikit. Mba,pengen tanya2 lebih lanjut,,Via email aja ya mba..biar lebih bebas. Thx a lot.. (tata)

  39. Assalamualaikum..salam kenal bu, maaf bu mau tanya2 tentang ppds pulmo di UNS, apa derajat ‘senioritasnya’ masih besar seperti di bagian bedah, interna, dll atau sudah cukup moderat ya bu?

    Kemudian, misal sudah diterima s3, apa boleh ya, kalau masuk diterima di pulmo uns terus cuti dulu untuk s3 (karena saya dosen pns) ? ada tidak kasus seperti itu disana bu?

    (oya, sumbangan yang 30 jt itu boleh gak dicicil?)

    terima kasih atas jawabannya

  40. salam kenal mb…
    wah infonya lengkap bgt. thx a lot loh, mb. tepat seperti yang saya cari.
    rencana saya mo coba ppds pk di uns periode jan 2011
    btw, untuk formulir, bisa diwakilkan pengambilannya atau kita harus mengambil sendiri? soalnya saya di palembang.
    trus saat pengembalian formulir, juga harus diserahkan sendiri ya mb?
    thx sebelumnya ya mb…. semoga sukses selalu. =)

  41. Terima kasiiiihhhh…… buwanyak… mbak … salam salut saya buat para senior yang ikhlas berbagi….

  42. terimakasih infonya mba sangat membantu..ini lani slm kenal ya mba..utk periode yg november 2010 dana bpi,pradik dll gitu naik apa msh tetap ada biaya perbagian jg?

    trimakasih infonya..

  43. mbak kl ppds kardiologi gmn??ad tmn yg masuk??kiat2nya dong,,,mksh bgt

  44. kalau contoh soal ujian obsgyn ada gak?atau punya TS nya.Tolong share ke saya dong

  45. asslmkm. makasih byk mb infonya.. smg dipermudah sgl urusan..

  46. ass..mbak mau nanya,apa pendaftar PPDS Paru di UNS sekarang sdh tambah banyak..
    Trz yg keterima berapa orang??
    Saya berasal dari FK UNLAM Banjarmasin jd g tau perkembangan PPDS di Jawa..
    makasih

  47. Askm. salam kenal mba..aq boleh minta nomer hpnya ngga? buat nanya2 ttg ppds paru. bales ke emailku aja mba, BTK

  48. ass. salam kenal mbak, saya dedi alumni fk unpad, sekarang cpns depkes di rshs bandung insa allah tahun depan udah diangkat penuh sbg pns. nah kebetulan saya ditugaskan di poli dots yang leadernya adalah subdiv pulmo, saya tertarik dan bercita-cita pengen jadi SpP. kebetulan disini belum ada ppds paru jadi info dari mbak sangat berarti buat saya.cuman emang di tempat saya ada kebijakan bahwa pns baru boleh mengajukan pendidikan setelah bekerja dua tahun, itupun dengan syarat ada bagian yang siap menampung setelah lulus nanti. tapi biarlah untuk awalnya yang penting saya punya niat aja dulu. sebagai informasi, saat ini rshs sedang merintis untuk jadi rujukan kasus TB-MDR mudah2an tahun depan bisa terrealisasi.dari sanalah saya semakin bulat untuk menjadi SpP.tapi saya belum berani membicarakan ini sama atasan saya, termasuk kemungkinan apakah saya bisa diterima sebagai staf di subdiv. pulmo setelah lulus nanti. saat ini saya ingin menunjukkan kinerja dan kesungguhan saya dulu bertugas di unit kerja saya. saya cuman minta dukungan, saran, serta referensi apa saja yang harus saya baca mbak..terima kasih, semoga mbak lancar dalam pendidikan dan selalu sehat..

  49. Heat blognya..sebagai sharing info ttg pulmonologi dan kedokteran respirasi..silahkan berkunjung ke http://www.klinikdokterparu.com. Atau http://www.andikacp.wordpress.com

  50. Sipp…sangat bermanfaat dan kalo yang komen disini udah diterima mbok ya kayak si mbak dokter ini bagi2x informasi………Semoga sukses ya mbak dokter semoga nular ama aku…

  51. Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat banget utk saya dan teman TS yang ingin mengambil PPDS dibidang ini. Sangat jarang loh yang dilakukan dokter… infonya lengkap banget. sukses selalu ya dokter. Sekarang sudah semester berapa?? salam kenal

  52. Salam kenal Mbak…
    Mohon info untuk ujian tulis semua bagian sama atau beda”….
    Saya baru mau coba daftar thn ini sich Mbak..
    Saya tunggu infonya.. BTK

  53. Salam kenal dok.. Snagat bermanfaat sekali infonya dok. Insyallah sya berniat untuk masuk PPDS paru ini dok d uns juga.. Kalau ppds d uns satu periodenya ada berapa org dok?

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

